Bisa Gak Yah, Aku Langsung Akrab dengan Bayiku Setelah Melahirkan?

12
Ilustrasi | Foto People image created by Freepik

Seberapa cepat sih kegembiraanmu saat melihat bayimu berubah menjadi cinta?

Apakah kamu bisa begitu saja langsung mencintai dan mempunyai keakraban dengannya?

Baiklah mahmud-mahmud alias mamah muda tersayang, jangan perlu takut ataupun cemas. Mari konseling akan coba membagi sedikit pengetahuan tentang hal menjalin keakraban dengan your new baby. Jalinan keakraban atau biasa disebut dengan “bonding”adalah proses untuk mulai mencintai si kecil. Kamu bisa sangat sangat menjadi mencintainya hingga mengorbankan seluruh kegiatan dan waktumu hanya untuk mengurusnya. Terkadang pula kamu akan rela mengorbankan waktu tidurmu, keinginan-keinginanmu yang tinggi demi mengutamakan kebutuhan si bayi. Bahkan kamu bisa saja berjam-jam hanya ingin menghabiskan waktu dan melihat wajah lucu dan imut si buah hati.

Bayi manusia memerlukan perawatan yang lebih lama dibanding spesies lainnya. Memberi bayi awal yang terbaik itu sangat baik dan diperlukan untuk masa depannya. Ibu-ibu yang baru melahirkan 40% dari mereka biasanya memerlukan waktu paling tidak seminggu untuk mengakrabkan dirinya dengan si buah hati. Dan bahkan terkadang ada yang hingga berbulan-bulan untuk itu.

Hubungan akrab penuh kasih sayang antara kamu dan anak akan memberikan kesan rasa aman dan terlindungi dalam diri si kecil. Sehingga kelak akan membentuk landasan kuat dalam dirinya untuk dapat bersosialisasi dikemudian hari dan juga hal ini bermanfaat melatih dirinya memercayai orang lain. Kamupun akan senang jika anakmu mencintai dan merasa aman jika didekatmu.

Sudah pastinya merawat bayi adalah hal yang sangat melelahkan dan terdapat banyak kesulitan yang akan ditemui nantinya. Namun banyak sekali hal yang dapat kamu lakukan untuk mempercepat proses pendekatanmu dengan sang buah hati. Akan tetapi yang sangat perlu kamu lakukan pertama kali adalah mencoba untuk rileks saat bersama si bayi. Ia akan merasa jauh lebih nyaman bersamamu ketika kamu merasa nyaman bersamanya.

Rasa cinta yang ditunjukan secara fisik akan sangat berpengaruh dalam perkembangan sosial dan emosionalnya. Ia begitu amat senang mendapatkan pelukan dari kamu. Ada hal lain yang unik dan menyenangkan dari sebuah pelukan dengan rasa cinta dari orang dewasa yang mencintainya. Kedekatan, kehangatan dan sentuhan tubuh adalah bagian terpenting pertama yang membantu dia meningkatkan kebahagiaan dan percaya diri.

Lalu bagaimana jika kamu tidak langsung merasakan keakraban dengan si kecil?

Jangan kawatir mom, tidak semua ibu merasakan hal itu langsung. Banyak wanita yang tidak merasakan apa-apa pada saat melahirkan tapi setelah beberapa hari setelah melahirkan ataupun beberapa bulan setelahnya. Yang perlu kamu lakukan pertama kali adalah perbaiki mood, kondisi dan emosi kamu. Kemudian tanamkan sekuat dan sedalam mungkin rasa syukur kepada Tuhan atas segala yang Ia berikan dalam setiap kenikmatan hidupmu.

Memang apasih penyebabnya beberapa ibu tidak langsung akrab dengan bayinya?

Banyak penyebab yang mengakibatkan hal ini terjadi, diantaranya kamu mungkin merasa lelah secara fisik dan emosional setelah melahirkan dan tidak punya tenaga lebih untuk menghadapi si buah hati. Atau mungkin kamu merasa lega karena persalinan berjalan lancar dan kamu ingin beristirahat sejenak. Bisa juga karena persalinan berlangsung sulit dan memakan waktu lama sehingga kamu mungkin kesal, kecewa dan merasa lelah. Banyak hal yang mempengaruhi hal tersebut, tergantung seberapa bijaknya kita saja untuk menanggapi hal tersebut.

Jangan lupa mom, kita sudah menjadi orang tua sekarang, buka lagi ABG yang bisa sebebas dan sepuasnya bertingkah laku dan berekspresi. Jika kamu sudah berkomitmen untuk ingin mempunyai anak, kamu juga harus bisa berkomitmen dan bertanggung jawab untuk merawatnya sebaik mungkin. Okeh! (EN)

Tinggalkan Balasan