Tips Belajar Efektif

23
Ilustrasi | Background image created by Pressfoto - Freepik.com

“Kayaknya aku udah berusaha mati-matian, tapi kok nilai aku segini-gini aja ya?”

“Aku gak pernah bisa fokus belajar mah. Gak bisa kalau ngafalin sebanyak ini.”

“Aku tuh orangnya bosenan, gak kuat baca buku lama-lama, apalagi itu-itu aja, ngantuk.”

Keluhan dan masalah seorang pelajar memang selalu berbeda. Beberapa dari mereka bisa mengatasi permasalahan ini, namun bagi yang belum mengenali diri mereka pasti agak kesusahan untuk dapat mencapai titik yang mereka impikan. Ujung-ujungnya menyerah. Ujung-ujungnya putus asa. Bahkan ada yang frustasi karena obsesinya tak terealisasikan.

Perlu kita ketahui bahwa belajar adalah sebuah kewajiban untuk setiap manusia. Bukan hanya untuk anak-anak sekolah ataupun mahasiswa saja loh ya, tapi seluruh manusia. Selama ia masih bisa bernafas, selama ia masih dapat berfikir dan juga sehat, ia perlu belajar. Karena pasalnya setiap perjalanan kehidupan seorang manusia pasti selalu ada hal baru, menarik dan bermanfaat untuk dipelajari.

Tapi bagaimana kalau kita tidak pernah merasa efektif dalam belajar?

Ok, sahabat Mari Konseling gak perlu khawatir tentang hal ini. Yang pertama kali harus kamu lakukan adalah… baca artikel ini sampai habis, jangan ada yang terlewat, resapi semua kalimat demi  kalimat. Next, kamu wajib terlebih dahulu mengenal seperti apakah pribadimu. Apa kelebihan dan kekurangan kamu, apa yang membuat kamu semangat belajar, yang membuat seketika menjadi malas, apa yang menyebabkan kamu mengantuk saat belajarnya dan sebagainya. Ini sangat diperlukan dalam proses belajar. Mengapa? Karena hal-hal tersebutlah yang nantinya menjadi tolak ukur dalam diri. Bagaimana kita bisa memotivasi diri sendiri jika kita tak mengenal diri kita sebenarnya?

Mari konseling juga akan membagikan 3 tips belajar nih, yang tentu akan efektif digunakan jika sesuai dengan pribadi kamu. Berdasarkan riset psikologi yang dilakukan oleh Dr. Nate Kornell dari UCLA, tips belajar efektif yang mungkin dapat diterapkan:

  1. Membagi subjek dan mempelajarinya bergantian.
    Misalnya, dalam 15 menit pertama kamu mempelajari matematika, 15 menit kedua belajar bahasa inggris, dan 15 selanjutnya belajar kimia.
  1. Menguji diri sendiri.
    Dengan tips menguji diri sendiri ini kita mendapat dua keuntungan loh, karena dalam proses ini kita mengasah kekuatan pikiran dan ingatan kita. Dengan terus menerus melatih kekuatan ingatan akan meningkatkan kemampuan mengingat kita. Keuntungan selanjutnya pula, dengan menguji diri sendiri kita bisa tau seberapa mampukah kita? Sudah efektifkah cara kita belajar? Kelemahan apa yang belum dapat diperbaiki?
  1. Mengambil kesimpulan dan mengintegrasikannya.
    Setelah keluar kelas atau membaca buku, buat suatu kesimpulan-kesimpulan penting dan pikirkan bagaimana kesimpulan tersebut berhubungan dengan topik pembahasan dan kehidupan pribadimu. Proses ini dianggap penting dan efektif karena sangat bermanfaat untuk memperkuat daya ingat, karena contohnya langsung dikaitkan dengan kehidupan, sehingga mengingatnya lebih mudah. Dan akan menjadi lebih maksimal lagi hasilnya jika kamu mencoba untuk memberitahukan atau mengajari orang lain akan hal yang telah kita pelajari tersebut.

At last, jangan pernah lelah dan patah semangat untuk berusaha menjadi lebih baik ya guys. Kemampuan manusia memang diciptakan berbeda-beda, tapi selalu ada nilai dan kebahagiaan tersendiri dalam perjalanan untuk berusaha menjadi lebih baik. Kamu akan temukan keajaiban-keajaiban disana. Be incredible! (EN)

Tinggalkan Balasan