Teaching and Learning

16
Ilustrasi | Foto: School image created by Freepik

Dalam mengajar banyak hal yang harus kita pelajari dan kuasai. Karena salah besar jika dalam hal ini dikatakan hanya peserta didik saja yang harus belajar. Pendidik malah sebenarnya lebih berat. Ia harus mempersiapkan diri dengan membuat suatu perencanaan pembelajaran, mempelajari materi yang akan disampaikan kepada peserta didik dan pendidik pun harus belajar metode apa yang cocok diterapkan untuk peserta didiknya.

Untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi mereka, konsep dasarnya adalah “Bawalah dunia mereka kedunia kita dan antarkan kita ke dunia mereka”. Pendidik harus dapat membaurkan dua dunia ini menjadi satu kesatuan yang menyenangkan. Belajar bukan hanya sekedar mendengarkan guru, mengajar bukan hanya sekedar menjelaskan materi anak. Tapi lebih dari itu.

Tujuan dari konsep dasar ini diantaranya adalah:

  1. Menciptakan lingkungan belajar yang efektif.
    Banyak cara untuk menciptakan lingkungan belajar menjadi efektif, misalnya seperti men-setting ruangan kelas menggunakan poster atau gambar, men-setting tempat duduk menjadi berkelompok.
  1. Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.
    Pendidik bisa menggunakan power point, video atau gambar-gambar pada peserta didik. Pendidik pula bisa menerapkan beberapa model-model pembelajaran pada setiap pertemuan, contoh: jigsaw, make a match, kancing gemerincing, dan lain sebagainya. Di sini pendidik dituntut untuk dapat berpikir kreatif.
  1. Menyesuaikan apa yang dibutuhkan oleh otak dengan apa yang dimiliki (kemampuan otak) anak.
    Pendidik
    harus memahami bagaimana cara belajar peserta didik. Apakah ia visual, audio, atau yang lainnya. Pendidik harus dapat menyesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki oleh otak anak.
  1. Meningkatkan kemampuan, bakat dan potensi yang dimiliki oleh peserta didik.
    Dalam hal ini pendidik berkewajiban untuk menumbuhkan rasa percaya diri bagi anak, membangkitkan motivasi pada dirinya untuk lebih baik lagi dan mendukung serta memfasilitasi kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik.

Selamat dan semangat menjadi pendidik yang menyenangkan. Seorang tidak akan dapat menjadi ahli dalam suatu hal jika hal tersebut bukanlah sesuatu yang menyenangkan bagi dirinya. So, jika kamu ingin menjadi pendidik yang dapat menciptakan peserta didik yang ahli dan mahir dalam pelajaran kamu. Maka kamu memiliki kewajiban untuk menyulap diri dan materi yang kamu ajarkan menjadi menyenangkan.

Tinggalkan Balasan