Susah Move On? Kamu Harus Baca 7 Hal Yang Bikin Move On Mu Berjalan Mulus.

23
Ilustrasi | Foto : Fitness image created by Rawpixel.com - Freepik.com

Sesuai judul, Mari Konseling akan memberi 7 jalan agar move on kamu berjalan mulus.

  1. Let it go, lepaskanlah dia yang pernah dihatimu
    Semua yang membekas tidak akan menghilang dengan sendiri, jika ada yang bilang “waktu akan menyembuhkan lukamu” mau sampai kapan kamu menunggu waktu mengeringkan lukamu? Kamu terlalu berharga menghabiskan hari-hari kamu hanya untuk menunggu luka itu kering. Kamu tuh perlu loh buat komitmen “melepaskannya”. Dia bisa membuat keputusan untuk meninggalkanmu, kenapa kamu tidak bisa untuk melepaskannya? Sadarkan dirimu bahwa semua telah berakhir dan akan ada sesuatu yang baru dimasa mendatang.

 

  1. Sebelum hatimu benar-benar pulih. Hindari sesuatu yang membuat flashback.
    Jangan menghidupkan kembali rasa sakit di masa lalu, hapus semua yang mengingatkan kamu padanya. Buang benda pemberiannya. Berhenti membahas rincian cerita tentang dia kepada orang lain. Berhenti menjadikan “rapuh” sebagai identitasmu dan berhenti jadikan kesedihan kamu sebagai alasan sebuah kesetiaan. Setia hanya milik mereka yang tidak saling meninggalkan.

 

  1. Jangan sesakan dadamu, luapkan semua yang kamu rasa dan manfaatkan rasa sakit kamu.
    Kamu bisa melepaskannya dengan cara verbal yaitu seperti berteriak atau mencurahkan semua yang kamu rasa kepada teman atau keluarga. Bisa juga dengan cara non verbal seperti membuat jurnal membuat cerpen, novel atas kisah kamu atau menulis surat yang tidak pernah kamu kirimkan kepada orang lain. Selain mampu mengasah kemampuan menulismu kamu juga bisa menginspirasi orang lain melalui tulisanmu. Dengan demikian kamu akan mengerti bahwa rasa sakit tidak selamanya membawa hal buruk.

 

  1. Dont be playing victim.
    Menjadi korban terasa menyenangkan ya, seperti berada di tim pemenang melawan dunia. came on guys, lets be real tought !! Dunia sebagian besar tidak peduli dengan lukamu, walaupun ada uang datang dan menenangkanmu mereka hanya kasihan, tidak ada orang lain yang benar-benar paham dengan perasaanmu karena setiap manusia mempunyai sudut pandang berbeda menghadapi permasalahan yang menyangkut perasaan. Memang perasaamu itu penting, sangat berharga. Namun perasaan yang terluka merupakan satu dari sekian hal yang kita sebut “Hidup”. Patah hati adalah hal yang biasa terjadi di dunia ini. Jadi berhentilah membuang-buang waktu dan tenaga menjadi korban dalam hubungan asmara ini.

 

  1. Jangan selalu menyalahkan orang lain, sadarlah bahwa kamu juga terlibat atas lukamu.
    Kamu memang wajar untuk terus merasa buruk tentang tindakannya yang menghancurkan hatimu, namun semua itu tidak 100% kesalahan dia, kamu harus bertanggung jawab atas pilihanmu yang mempercayai dia untuk menyusupi ruang hatimu. Berani jatuh cinta berarti siap untuk terluka. Ketika jatuh cinta kalian berdualah pelaku utamanya, kenapa ketika terluka kamu hanya menyalahkan dia? Sadarlah bahwa setiap tindakan kamu akan menimbulkan balasan. Jadi jangan selalu menyalahkan dia dalam luka kamu. Sebab dia tidaklah mahkluk yang sempurna, dia menyakitimu bukan karena dia jahat tetapi karna dia tidak mampu membuat kamu bahagia. Mulai sekarang bertanggung jawablah atas kebahgiaan kamu sendiri.

 

  1. Fokus lah pada hari ini dan eaok, bukan hari kemarin.
    Sudah saatnya untuk melepas masa lalu, semua udah terjadi. Kamu gak bisa nge-cancel-in masa lalu kayak nge-cancel-in abang ojol. yang bisa kamu lakukan adalah menjadikan hari ini sebagai hari terbaik dalam hidup kamu Ketika kamu fokus di sini dan sekarang, kamu akan lupa memikirkan masa lalu. Ketika ingatan masa lalu merayap ke dalam ingatan kamu, akuilah mereka sejenak. Dan kemudian kembalikan dirimu dengan lembut ke saat sekarang.

 

  1. Maafkanlah dia dan juga dirimu.
    Kadang-kadang kita terjebak dalam kesakitan dan kekeraskepalaan kita, kita bahkan tidak dapat membayangkan pengampunan. Tetapi memaafkan bukanlah tanda kelemahan. Hal yang tersirat dalam sebuah “maaf” adalah “berjiwa besar” memaafkan adalah cara yang secara nyata melepaskan sesuatu. Ini juga merupakan cara untuk berempati dengan orang lain, dan mencoba untuk melihat sesuatu dari sudut pandang mereka.

Dan memaafkan diri sendiri merupakan bagian penting juga ya, karena seperti yang kita ketahui bahwa pencipta luka  tidak hanya sebelah pihak tetapi diri sendiri juga ikut terlibat. Maka maafkanlah dirimu atas sebuah kesalahan yang telah kamu pilih agar hidup kamu damai dan tenang menjalani hari esok.

Melepaskan dan melupakan bukan hal yang mudah bahkan sangat sulit untuk dipraktekan langsung kedalam diri sendiri.

Tetapi kehidupan seseorang ditentukan oleh rasa sakit. Jika tidak bisa mengendalikan maka sakit ini akan menjadi penghambat. Menghambat kebahagiaan dihari yang akan datang dan menyakiti kemampuan kita untuk fokus, belajar dan bekerja.

Jika kamu mampu manfaatkan rasa sakitmu, sakitmu lah yang mampu memotivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Sebab luka bagaikan buah durian, ketika kamu tidak tahu bagimana memperlakukannya kamu hanya mendapat luka, begitu sebaliknya jika kamu tahu cara memperlakukannya kamu akan mendapatkan sesuatu yang bermanfaat.(hujannah)

Tinggalkan Balasan