Sembuhkan Duka Mereka, Mari Bangkit Bersama

21
Ilustrasi | Foto: disasterchannel.co

Sesungguhnya apapun yang kita alami di muka bumi ini adalah semua berdasarkan rencana Tuhan. Percayalah bahwa tak ada luka yang tak dapat disembuhkan. Bumi pertiwi dibanjiri air mata, namun jangan menutup mata wahai saudara.

Dengan bersama kita masih memiliki harapan untuk masa depan lebih cerah. Artikel kali ini akan membahas beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu mereka yang sedang terpuruk untuk bangkit bersama.

Setiap manusia pasti akan merasa terpukul dan terpuruk ketika harus kehilangan orang-orang yang dicintainya. Haruskan kita yang beruntung tidak mengalaminya juga ikut bersedih? Tidak, tidak seperti itu.

Sikap yang tepat untuk kita lakukan adalah bukan ikut menangisi keadaan, melainkan berusaha untuk merangkul mereka dengan penuh cinta. Tumbuhkan empati dalam hati kalian bukan sekedar simpati, karena yang mereka butuhkan adalah bantuan dukungan moril dan materil bukan sekedar belas kasihan.

Bantuan moril yang seperti apa yang tepat untuk dilakukan? berikut ini mari konseling akan menjabarkannya satu persatu.

  1. Berikan sentuhan fisik
    Berikanlah sentuhan fisik untuk menghibur mereka yang sedang berduka. Sentuhan fisik dapat membuat mereka merasa diperhatikan, disayang dan dapat menenangkan emosi kesedihannya. Perlu diingat, sentuhan fisik yang dimaksud hanya sebatas genggaman tangan, usapan pada punggung, atau pelukan. Hal tersebut dapat kamu lakukan atas seijin mereka yaa. Karena pada sebagian orang ketika sedang merasa terpukul dan mengalami kesedihan yang mendalam mereka tidak ingin diganggu bahkan untuk didekatipun mereka tidak mau. Jika kondisinya seperti itu maka kamu harus mampu memberikan ruang kepadanya sampai dia mampu mengendalikan emosinya sendiri. Namun jika mereka mengijinkan kamu ada didekatnya dan memeluknya, maka peluklah mereka dengan tulus. Jangan tuangkan tangisanmu bersamanya, biarkan mereka manangis dipundakmu. Itu akan membuatnya merasa lebih baik.
  2. Berikan sapaan kepada mereka dengan senyuman
    Kekuatan dari sebuah senyuman sangatlah berarti dalam setiap kondisi yang kita hadapi. Terlebih dalam kondisi seperti ini senyuman yang ikhlas dari kamu akan membuat mereka lebih kuat, karena dalam hatinya mereka akan merasa bahwa mereka tidak sendiri.
  3. Jangan banyak menasehati
    Ketika kamu memutuskan ingin menghibur seseorang yang sedang berduka sebisa mungkin hindari kalimat-kalimat nasehat dari ucapanmu. Karena mereka sebenarnya paham tentang apa yang akan kamu katakan, namun bukan itu yang mereka butuhkan. Dan dengan kamu menasehati mereka ketika mereka masih sangat terpukul itu akan membuat mereka semakin merasa terpuruk karena terbentuk dalam pikiran mereka rasa sesal yang begitu dalam. Yang dapat kamu lakukan berikan mereka motivasi dan pandangan-pandangan positif atau cerita-cerita yang menarik untuk menghibur mereka agar tumbuh energi positif yang dapat ditransfer kepada mereka dari dalam dirimu.
  4. Hindari mereka dari paparan media
    Bagi sebagian orang sekalipun dirinya mengalami luka yang dalam mereka masih mampu untuk mengontrol perasaannya dengan menonton liputan media untuk tau bagaimana upaya pemulihan yang sudah dilakukan orang banyak. Namun sebagian orang lagi yang kurang mampu mengontrol perasaannya sebisa mungkin hindari dari paparan media agar trauma yang ada dalam dirinya tidak semakin menjadi. Terkadang mereka malah teringat kembali kejadian mengerikan yang mereka alami jika mereka menonton atau membaca liputan dari media tentang bencana yang mereka alami.
  5. Biarkan mereka meluapkan emosinya
    Kamu dapat memberikan mereka waktu untuk bersedih dan mengungkapkan emosi dalam hatinya mungkin berupa tangisan. Biarkan mereka manangis sampai mereka merasa jauh lebih tenang dan lega. Tetapi usahakan jangan tinggalkan mereka terlalu jauh, karena mereka akan merasa jauh lebih sedih. Dan jika mereka sudah terlalu lama menangis barulah kamu perlahan-lahan mendekatinya untuk membantu menenangkan agar tidak begitu berlarut dalam kesedihannya.
  6. Lakukan kegiatan yang mereka senangi
    Kamu bisa membantu mereka melupakan kesedihannya dan kembali bahagia dengan mengajaknya melakukan kegiatan yang mereka senangi. Karena dengan melakukan kegiatan yang mereka senangi sekalipun sulit untuk diawal tetapi perlahan-lahan mereka akan mulai menikmatinya juga sampai mereka mampu berbahagia. Dan kesedihan, duka, serta luka yang mereka alami sebelumnyapun akan teralihkan.

Cara diatas juga dapat kamu terapkan ketika kamu berada didalam kondisi dimana kamu harus menghibur teman atau kerabat yang sedang bersedih karena masalah yang mereka hadapi begitu berat.Jangan pernah merasa bahwa kita tidak bisa.

Ada banyak cara yang mampu kita lakukan untuk membantu mereka yang sedang mengalami duka atas bencana. Jika kamu merasa kurang mampu memberikan bantuan materil kepada mereka, kamu dapat berikan bantuan dengan mengikhlaskan diri kamu berada diantara mereka untuk memberikan dukungan moril.

Berikanlah support system kepada mereka dan rangkul mereka untuk bangkit bersama. Berdiam diri dalam keterpurukan akan membuat kita jauh dari kebahagiaan, maka mari bersama-sama kita membangun kebahagiaan dan menebarkan kebahagiaan kepada mereka saudara-saudara kita yang membutuhkan.(DLA)

Tinggalkan Balasan