Pengaruh Sosial Media Terhadap Karir

24
Ilustrasi wanita mengakses media sosial | Designed by Freepik

Media sosial adalah hal yang mungkin tidak bisa dilepaskan dari generasni millenial. Berkembangnya gadget yang sangat massif dan sangat mendukung millennial dalam ber-sosial media semakin menambah kecanduan sosial media.

Media sosial dapat menghubungkan setiap individu bahkan dari belahan dunia yang paling jauh pun dapat terhubung dan berkomunikasi dengan sangat cepat. Informasi juga dapat segera didapatkan hanya dalam hitungan detik.

Setiap informasi mengenai diri kita dapat juga diakses oleh orang lain melalui media sosial yang kita gunakan. Bagaimana bila orang-orang di kantor kita bahkan atasan kita dapat mengenal siapa kita melalui setiap informasi yang di-posting melalui media sosial yang kita gunakan?

Tentu setiap atasan yang hidup di era digital terutama generasi millineal, media sosial mungkin menjadi penilaian sendiri bagi atasan terutama bagi HRD. Lalu apa pengaruh sosial media untuk karir kamu?

  1. Promosi diri

Sosial Media bisa digunakan untuk sarana promosi diri dengan menunjukin kemampuan dan bakat yang kamu miliki untuk memancing perhatian banyak orang di Sosial Media. Mempromosikan diri ke masyarakat luar membuka peluang kamu untuk melesatkan karir, sudah terbukti tidak sedikit orang yang sukses dan mendapatkan pekerjaan karena sosial media, biasanya karena mereka tertarik dengan bakat dan kemampuan yang kamu miliki.

Bahkan beberapa karir sangat butuh sosial media untuk media promosi, seperti talent, musisi, master of ceremony (MC) dan banyak lagi. Sosial media digunakan untuk tempat menaruh dan menyebarkan portofolio kamu.

  1. Menunjang bisnis pribadi

Punya bisnis kecil-kecilan? Kamu bisa menggunakan media sosial untuk menunjang bisnis kamu. Media sosial adalah sarana bisnis yang praktis dan murah dan tentu saja jangkauan bisnis kamu akan lebih luas. Sosial Media seperti pasar atau mall yang penuh sesak dengan pengunjung, tidak heran sosial media dijadikan sebagian orang untuk membuka “lapak” untuk menjual barang ataupun jasa. Manfaatkan Sosial media sebagai alat pengembang bisnis kamu, kalau sukses kamu bisa buka lapangan kerja baru untuk orang-orang yang membutuhkan.

  1. Membangun relasi

Kemudahan berkomunikasi lewat Sosial Media bisa menghubungkan kamu dengan teman lama ataupun mendapat teman baru. Dari aktifitas follow mem-follow kamu bisa bangun relasi dengan orang lain. Kemudian, bergabunglah dengan grup atau komunitas yang ada di Sosial Media, dari situ kamu bisa kenalan dengan banyak orang dan diskusi banyak hal. Bukalah koneksi seluas-luasnya dan jangan malu untuk cari temen baru, karena hal itu bisa jadi peluang karir kamu.

  1. Menambah ilmu

Boleh percaya atau tidak Sosial Media bisa kamu manfaatin untuk jadi sumber ilmu pengetahuan. Banyak informasi dan ilmu yang bisa kamu dapatkan dari Sosial Media dengan mudah, menambah ilmu pengetahuan bisa jadi pengaruh positif untuk menunjang karir kamu. Kamu bisa tukar pikiran dan berdiskusi tentang ilmu yang kamu butuhkan dengan orang-orang hebat yang memiliki pengalaman dan kemampuan diatas kamu. Tentu saja itu bisa menjadi pembelajaran dan motivasi untuk meng-upgrade diri kamu ke level yang lebih tinggi, terutama untuk performa karir.

  1. Dampak buruk

Tidak cuman dampak postif seperti di atas saja, Sosial Media bisa jadi boomerang untuk karir kamu. Buat kamu yang udah kecanduan Sosial Media harus perhatikan dengan cermat cara penggunaanya jangan sampai merugikan. Lupa waktu karena terlalu fokus dengan Sosial Media bisa menurunkan produktivitas dan akan membuat kamu hilang konsentrasi dengan pekerjaan.

Melakukan hal negatif seperti provokatif, terlalu banyak mengeluh, dan berkata kasar juga bisa jadi boomerang untuk karir kamu, ingat ya banyak perusahaan yang melakukan background check lewat sosial media yang kamu punya.

Tinggalkan Balasan