Introvert bukan Antisosial

74
Ilustrasi | Foto: Rawpixel.com / Freepik

Bagi sebagian orang pada umumnya sering menganggap bahwa introvert itu sama dengan antisosial, padahal sebenarnya keduanya adalah satu hal yang berbeda.

Kurangnya pemahaman masyarakat tentang perbedaan diantara keduanya membuat munculnya persepsi seperti itu. Artikel ini akan membahas tentang perbedaan diantara keduanya, agar tidak lagi ada kekeliruan pada pemahaman masyarakat.

Apa perbedaan introvert dengan antisosial?

Introvert adalah kepribadian yang dimiliki seseorang dan tidak dapat dirubah sedangkan antisosial adalah masalah kesehatan mental yang dialami seseorang yang menimbulkan sifat dan sikap negatif pada diri seseorang tersebut sehingga perlu adanya bantuan untuk segera dirubah.

Sifat antisosial ini perlu dihindari karna antisosial selalu berkaitan dengan hal-hal yang negatif.

Dapat dipahami bahwa dari pengertiannya saja keduanya sudah berbeda.

Selain itu perbedaan diantara keduanya juga dapat dilihat bahwa orang yang introvert biasanya senang berada dalam keadaan sendiri tetapi untuk menjalin hubungan yang baik dengan orang lainpun mereka mampu, sedangkan bagi orang yang antisosial mereka tidak mampu menjalin hubungan dengan orang lain secara sehat.

Dapat kamu kenali juga bahwa orang yang introvert memiliki sifat yang ramah dengan orang lain dan juga mempunyai sifat empati terhadap orang lain disekelilingnya,. Sedangkan orang yang antisosial mereka tidak peduli dengan orang lain atau bisa dibilang mereka itu egois dan cenderung selalu menganggap orang lain sebagai musuh baginya.

Orang yang introvert mereka akan menghabiskan waktunya dengan melakukan hal-hal yang mereka senangi dan sukai sedangkan orang yang antisosial hanya akan menghabiskan waktunya untuk memanipulasi orang lain dan seringkali mereka lebih senang untuk membuat masalah dengan orang lain.

Dan seperti yang kamu ketahui bahwa orang yang introvert  tidak bisa menjadi ekstrovert karna keduanya adalah kepribadian yang berbeda, namun tidak dengan antisosial mereka bisa menjadi ekstrovert dengan alasan tertentu yang sifatnya negatif.

Jadi dari penjelasan di atas kamu dapat memahami bahwa introvert itu berbeda dengan antisosial, sehingga jangan lagi kamu samakan keduanya.

Introvert itu kepribadian yang positif jadi kamu sebagai pribadi yang introvert tidak perlu khawatir ataupun minder apabila kamu memiliki kepribadian tersebut.

Terkecuali kamu menyadari bahwa dirimu sesuai dengan ciri-ciri antisosial yang disebutkan barulah kamu khawatir dan kamu bisa segera melakukan konsultasi dengan konselor atau psikolog untuk dapat membantumu merubah sifat antisosialmu.

Dan untuk kamu yang masih sekolah, kamu juga dapat menghubungi guru BKmu untuk melakukan konseling dengannya segera. Jangan salah sebut yaa.. introvert dan antisosial itu berbeda..

Tinggalkan Balasan