Ingin Memulai Usaha? Ini hal dasar yang harus kamu miliki.

15
Ilustrator | Foto : Business image created by Creativeart - Freepik.com

Memulai usaha adalah salah satu pilihan berkarir bahkan untuk sekedar sampingan. Seperti ibu rumah tangga yang membuka usaha makanan atau jualan online (onlinse shop). Bagi kalian yang mulai ingin membuka usaha, Mari Konseling akan memberkan beberapa hal dasar untuk kamu memulai berwirausaha

  1. Mindset atau pola berpikir
    Modal utama dalam bisnis yang paling menguntungkan adalah mindset atau pola berfikir yang maju untuk jenis usaha apapun. Lalu apa yang dimaksud mindset? Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa mindset merupakan “dasar” dari segala dasar cara bisnis sukses kita. Jika tanpa cara atau pola berpikir yang benar maka mustahil seseorang dapat merasakan kesuksesan usahanya.
    Mindset seorang pengusaha jelas berbeda dengan pola pikir seorang karyawan. Pengusaha pasti memiliki sebuah visi jauh ke depan tentang apa yang ingin dicapainya dalam jangka 5, 10, 15 atau 20 tahun ke depan sehingga dia akan membuat rencana buka usaha kecil dulu, kemudian akan membuat rencana jangka pendek, menengah atau jangka panjang untuk mewujudkan visinya tersebut.
    Visi tersebut sangat berkaitan erat dengan sebuah cita-cita seperti misalnya hidup berkecukupan di masa tua, atau memiliki aset properti, atau punya memiliki usaha yang mapan sehingga bisa diwariskan kepada anak cucu dan cita-cita (impian) lainnya.
    Berbeda dengan pengusaha maka seorang karyawan pada umumnya tidak memiliki visi yang “tinggi”.
  1. Pengetahuan atau keahlian
    Ini merupakan dasar kedua yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan. Sangat mustahil seseorang pemula dapat menjalankan dan mengembangkan bisnisnya jika dia tidak memiliki keahlian atau pengetahuan tertentu yang berhubungan dengan usaha tersebut.
    Seorang pengusaha memiliki jiwa mau “belajar” untuk meningkatkan pengetahuan atau keahliannya. Dalam proses belajar itulah terjadi transformasi nilai dimana dulu tidak mengerti sekarang menjadi mengerti atau dahulu tidak bisa sekarang menjadi bisa.
    Sebagai contoh jika Anda berminat membuka usaha jual mie ayam maka tentunya harus menguasai cara membuat mie ayam yang enak, membuat kuah mie ayam yang sedap dan sebagainya.
    Jika belum memiliki pengetahuan atau keahlian seperti itu, maka tentu kita akan berusaha mencari tahu bagaimana cara membuat mie ayam yang enak, bukan? Proses menjadi ahli membuat mie ayam itulah yang harus dilalui oleh siapa saja bila ingin menjalankan bisnis mie ayam. Dan jika mie ayam dagangannya sudah banyak konsumennya maka sebagai seorang pengusaha sejati maka dia akan berusaha untuk mengembangkan usaha tersebut sehingga menjadi lebih besar lagi misalnya dengan membuka cabang di tempat lain.
    Membuka cabang di tempat lain itu juga bukanlah keahlian yang sekali jadi namun perlu juga dipelajari. Oleh karena itulah, seorang pengusaha sukses pasti selalu sangat ingin menambah pengetahuan atau keahliannya sehingga usahanya bisa bertambah maju dan berkembang.
  1. Kerja keras
    Kerja keras adalah “napas” seorang pengusaha. Usaha apapun bentuknya, tak akan dapat bertahan dan berkembang tanpa adanya kerja keras. Kamu bisa melihat atau membaca kisah sukses para wirausahawan dan kerja keras pasti ada dalam kamus sehari-hari mereka. Siang malam, para pengusaha itu akan selalu memikirkan cara bagaimana mengembangkan bisnis yang mereka geluti. Jika hari ini gagal maka mereka yakin beberapa saat kemudian usahanya pasti akan berhasil menuai keuntungan seperti harapannya.
    Pengusaha sukses tak kenal istilah putus asa dan patah semangat, mereka menyukai tantangan, mereka siap menghadapi tantangan dan mereka memiliki keyakinan dapat mengatasi tantangan dalam menjalankan bisnisnya.
    Jam kerja seorang pengusaha lebih panjang dari jam kerja seorang karyawan, itu sudah jelas karena mereka menggantungkan kelangsungan hidup keluarganya di bisnis yang dijalaninya. Jika usaha kecil yang ditekuninya sampai gagal atau bangkrut maka nasib keluarganya menjadi tidak pasti.

Itulah hal dasar yang harus di miliki oleh seorang pengusaha. Setiap segala sesuatu pasti ada resiko yang harus dihadapi. Jadi mulailah berkarir sebagai pengusaha dan jalani segala resiko yang ada. Salam Konseling. (NA)

Tinggalkan Balasan