Hirarki Kebutuhan Maslow

21
Ilustrasi

Kebutuhan fisiologis, adalah kebutuhan yang paling mendasar yang dibutuhkan oleh seseorang. Dapat dilihat bahwa kebutuhan fisiologis menempati urutan pertama dan paling bawah pada gambar di atas, dimana ruangnya lebih luas dibandingkan kebutuhan yang lain, karna kebutuhan fisiologis meliputi kebutuhan dasar manusia baik fisik maupun psikis seperti sandang, pangan, papan, yang harus dipenuhi lebih awal dibandingkan kebutuhan lain dan sifat pemenuhannya dilakukan berulang-ulang kali.

Rasa aman, kebutuhan ini akan dapat terpenuhi apabila kamu sudah mampu memenuhi kebutuhan yang paling dasar terlebih dahulu. Ketika kebutuhan fisiologis kamu sudah terpenuhi dengan baik barulah kamu bisa memenuhi kubutuhan akan rasa aman untuk dirimu. Aman secara fisik dan aman secara psikis seperti ketika mendapat ejekan. Tetapi kebutuhan rasa aman ini sifatnya tidak dapat dipenuhi secara sempurna karena gangguan yang berasal dari luar seperti adanya bencana alam yang menimpa seseorang tidak dapat dipungkiri kedatangannya sehingga kebutuhan akan rasa aman ini dapat terpenuhi dengan baik tetapi tidak sesempurna kebutuhan dasar sebelumnya.

Kebutuhan akan cinta, setiap manusia pasti memerlukan dan memiliki cinta. Kebutuhan akan rasa cinta ini ada untuk memenuhi kebutuhan psikis seseorang sebagai tanda bahwa ia mampu memberikan cinta kepada orang lain sehingga orang lainpun akan memberikan cinta kepadanya.

Kebutuhan penghargaan, kebutuhan akan penghargaan yang dimaksud ini adalah kebutuhan akan rasa ingin mengejar prestasi agar memenuhi kebutuhan akan harga diri, keyakinan, perasaan, perhatian, ketenaran, dan sebagainya. Bagi Maslow ketika kebutuhan penghargaan tersebut dapat dipenuhi dengan baik, maka mereka sudah siap untuk memasuki gerbang aktualisasi diri.

Kebutuhan aktualisasi diri, ketika semua rangkaian kebutuhan tersebut dari mulai yang paling dasar sampai kepada kebutuhan penghargaan telah terpenuhi dengan baik, maka seseorang tersebut sudah siap untuk berada pada tahap kebutuhan untuk memenuhi aktualisasi diri. Dimana pada kebutuhan ini, yang dipenuhi adalah kebutuhan akan keinginan seseorang untuk dapat terus menerus mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya. Biasanya orang-orang yang sudah mencapai tahap aktualisasi diri ini adalah orang-orang yang sudah memiliki pengalaman yang cukup banyak dalam hidupnya. Secara mandiri telah mampu mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya dan tidak mengabaikan kebutuhannya yang lain

Tinggalkan Balasan