Empati Dan Simpati Dalam Kehidupan Sosial

16
Ilustrasi | Foto: People image created by Pressfoto - Freepik.com

Kebanyakan orang berpandangan bahwa simpati dan empati merupakan hal yang sama. Padahal kedua hal itu berbeda. Simpati dan empati umumnya digunakan sebagai respon terhadap seseorang yang kehidupannya atau kondisinya sangat miris.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh apa itu simpati dan apa itu empati, Mari Konseling akan menjelasan kedua hal tersebut dalam artikel ini.

  1. Simpati
    Simpati merupakan suatu proses ketika seseorang mempunyai perasaan tertarik terhadap pihak lain, dengan demikian dapat merasakan apa yang sedang dialami, diperbuat dan diderita oleh orang tersebut.Simpati yang paling terlihat adalah perasaan, perasaan memegang peranan utama dalam hal simpati.

    Simpati dapat diamati ketika dalam hubungan persahabatan, bertetangga atau pekerjaan atasan dengan bawahan.

    Seseorang merasakan simpati dengan orang lain, biasanya karena sikap, penampilan atau tindakannya.

    Sehingga dapat disimpulkan bahwa simpati adalah perasaan yang timbul akibat perbuatan yang dilakukan orang lain yang baik, benar atau kehidupan yang memprihatinkan.

 

  1. Empati
    Empati hampir mirip dengan perasaan simpati, namun empati tidak hanya perasaan saja yang timbul akan tetapi diikuti perasaan organisme dari dalam tubuh yang amat dalam.Misalnya, bila teman kita orang tuanya meninggal, kita pasti juga merasakan kehilangan.

    Sehingga dapat disimpulkan bahwa empati adalah suatu tindakan yang dilakukan kepada orang lain dengan menggunakan cara pikir yang tepat sehingga menurut orang lain tindakan tersebut tindakan yang baik dan benar.

Itulah perbedaan kedua hal yang sering salah diucapkan atau dilakukan.

Jelas sekali bahwa simpati dan empati merupakan sesuatu perasaan yang hampir mirip. Namun, perbedaan simpati dan empati hanya terletak pada taraf perasaan kepada orang lain yang timbul dari diri setiap individu, serta mengalir dengan sendirinya akibat perbuatan orang lain.

Pada simpati, perlakuan orang kepada sesama dapat memberikan perhatian lebih tanpa dapat memberikan alasan apapun namun pada empati perlakuan orang kepada sesama memberikan perhatian disertai alasan tertentu.

Semoga artikel ini bisa menambah wawasan pengetahuan kamu dalam ilmu sosial dan lain sebagainya sehingga kamu mengetahui apa itu simpati dan empati.

Salam Konseling. (NA)

Tinggalkan Balasan