Baru pertama kali kerja? Bingung gimana cara milih pekerjaan?

27
Ilustrasi | Foto :Business image created by Jcomp - Freepik.com

Biasanya seseorang bekerja pasti untuk mencari uang. Dari yang muda maupun yang sudah professional. Karena kebutuhan hidup pasti tidak jauh dari uang. Mau makan butuh uang untuk beli bahan makanan atau makanan cepat saji. Beli baju, kendaraan, rumah, bahkan untuk usaha pun butuh uang.

Lalu gimana dengan mereka yang baru lulus? Pasti belum punya pengalaman sama sekali di dunia pekerjaan dan akan kebingunan untuk cari pekerjaan yang pas untuk diri kita sendiri.

Nah buat kalian yang baru lulus kuliah atau pun SMA lalu mau langsung lanjut bekerja tapi masih bingung gimana cara memilih pekerjaan yang baik. Mari Konseling akan memberikan tips mengenai 3 hal yang harus kita perhatikan pada saat memilih pekerjaan untuk pertama kali kalian bekerja.

Pertama, tentu saja lihat dari sisi materialnya yang pasti tujuan utama kita dalam mencari pekerjaan. Lihat dan hitung berapa gaji yang akan kita dapatkan jika kita bekerja di perusahaan tersebut. Karyawan yang baru lulus kuliah ataupun SMA pasti akan mendapatkan gaji yang tidak terlalu tinggi atau bahkan yang paling rendah rate-nya di perusahaan tersebut. Jika memang cukup untuk kalian dalam sebulan kalian bisa terima pekerjaan itu, dan usahakan cukup juga untuk menabung.

Kedua, lihat dari sisi pengetahuannya. Karena kita baru masuk di dunia pekerjaan tentu kita butuh banyak pengalaman yang akan menjadi bekal kita lebih baik di dunia pekerjaan. Adakah ilmu baru yang bisa kita dapatkan di perusahaan tersebut atau tidak. Ilmu baru seperti kita tau bagaimana sistem organisasi suatu perusahaan berjalan atau jika kemampuan kita adalah di bidang marketing tentunya kita harus tau apa produk yang akan kita jual dari perusahaan tersebut yang memungkinkan kita bisa dapat ilmu baru disitu.

Ketiga, lihat dari sisi hubungan sosialnya. Disini kita dapat melihat dari sisi hubungan antara karyawan dan relasi. Jika memang hubungan antar karyawan baik tentu akan menjadikan kita nyaman dalam melakukan pekerjaan secara tim. Begitu juga jika kita dapat mengenal banyak orang diluar perusahaan akan menjadikan kita mempunyai banyak relasi yang mungkin akan dapat memberikan efek di dalam jenjang karir kita. Tidak memungkinkan jika akan ada banyak tawaran pekerjaan yang lebih baik dari relasi yang kita bangun.

Nah itu 3 hal menurut Mari Konseling untuk kalian yang baru lulus dan baru memulai terjun di dunia pekerjaan. jika kalian masih dapat 2 hal dari 3 hal diatas kalian bisa pertahankan pekerjaan tersebut. Namun kita hanya 1 hal yang kalian dapat, coba deh cari pekerjaan lain yang memungkinkan 3 hal tersebut kalian dapatkan. (NA)

Tinggalkan Balasan