Mau lanjut kuliah? Tapi masih bingung mau milih jurusan kuliah?

44
Ilustrasi | Foto: begincollege.com

Gimana sih cara milih jurusan kuliah? Pertanyaan ini sering muncul dari siswa-siswi SMA yang ingin melanjutkan kuliah. Memilih jurusan kuliah memang tidak mudah, terkadang ingin jurusan A tapi teman-teman milih jurusan B. Sudah yakin milih jurusan C, setelah masuk malah menyesal karena merasa salah pilih jurusan.

Nah jadi gimana cara menentukannya?

Kamu harus tau prioritas-prioritas untuk menentukan pilihan jurusan kuliah.

  1. Passion atau Minat Kamu

Ini faktor paling penting yang harus kamu perhatikan. Sesuaikan pilihan jurusan kuliah kamu dengan apa yang kamu minati. Semasa SMA pasti ada hal-hal yang kamu minati dan ingin tahu lebih jauh. Nah itu bisa jadi bahan pertimbangan kamu.

Contohnya, waktu SMA kamu lebih suka pelajaran sosial, kamu bisa pilih jurusan Sosiologi, Komunikasi, Kriminologi dan lain-lain.

Dari sini kamu bisa pastikan kamu pilih jurusan apa. Jangan sampai kamu kuliah tapi jurusannya gak kamu sukai.

  1. Potensi dalam diri kamu

Sebelum kamu memilih jurusan kuliah ada baiknya kamu harus tahu lebih dulu apa yang kamu bisa, apa potensi terbesar kamu. Potensi atau kemampuan tersebut dapat menjadi prioritas memilih jurusan yang tepat. Gali potensi diri kamu sebisa mungkin.

Contohnya, potensi kamu lebih mengarah ke seni, kamu bisa memilih jurusan sastra, desain, dan sebagainya.

  1. Kepribadian kamu

Setiap manusia mempunyai kepribadian yang berbeda. Lali apa kaitan kepribadian dengan prioritas memilih jurusan? Kaitannya dengan mengetahui kepribadian diri kamu sendiri, memilih jurusan akan lebih mudah. Menurut John Holland, kepribadian dapat dikelompokkan menjadi enam. Keenam kelompok kepribadian itu, yaitu: kepribadian realistic (realistis), thinkers (pemikir), creators (berjiwa seni), helpers (penolong), persuaders (menguasai orang lain), dan organizers (terorganisir). Enam kepribadian tersebut bisa kamu cocokkan dengan tipe jurusan yang akan kamu pilih, sesuai atau tidak. Jika kamu adalah orang yang terorganisir, mungkin kamu bisa memilih jurusan seperti Manajemen.

  1. Peluang setelah lulus

Ini juga tidak kalah penting, kamu harus tahu peluang kamu terjun di masyarakat setelah lulus kuliah bagaimana. Peluang kamu berusaha atau mencari pekerjaan setelah lulus kuliah sebesar apa jika kamu memilih jurusan yang kamu pilih.

Seperti contoh, jurusan Teknologi Informatika saat ini masing memegang peluang yang menjanjikan. Banyak sekali dibangun perusahaan baru berbasis teknologi.

Jadi kamu wajib mengetahui jurusan yang sesuai dengan keinginan kamu ke depan. Mantapkan hati kamu untuk menyeimbangkan kemampuan dan peluang masa depan.

  1. Biaya Kuliah

Dan faktor ini yang paling terpenting. Sebelum memilih universitas pastikan kamu mampu untuk melunasi segala administrasi selama kamu kuliah. Atau kamu bisa cari beasiswa, namun jangan terlalu andalkan beasiswa, karena untuk mendaparkan beasiswa pasti akan sulit bersaing dengan yang lainnya.

Bicarakan kepada orang tua kamu mengenai biaya kuliah mu nanti. Jangan sampai kuliah mu berhenti di tengah perjalanan hanya karna masalah biaya.

  1. Konsultasikan Berdasarkan Pengalaman

Manfaatkan pelayanan guru BK mu di sekolah. Ungkapkan kebingungan kamu. Diskusikan juga dengan orang tua, dan kakak kelas. Kamu dapat bertanya tentang pengalaman mereka memilih suatu jurusan sampai dengan prospek pekerjaan setelah lulus. Bertanya langsung akan memudahkan kamu. Menyesuaikan antara fakta pengalaman yang terjadi dengan kemampuan yang kamu miliki.

Sudah tahu kan apa yang harus menjadi prioritas kamu untuk memilih jurusan kuliah. Jangan sampai ikut-ikutan teman atau tren yang ada. Karena akan mengganggu kenyaman kamu dalam kuliah. Akan ada rasa bosan dan menyesal yang akan berdampak kuliah kamu menjadi tidak maksimal.

Tinggalkan Balasan